SHOPPING CART

close

Hindari Kkn, Pemda Boalemo Gelar Coaching Clinik Implementasi Sakip 2019

Kota Gorontalo (BN) – Bupati Boalemo Darwis Moridu, membuka Coaching Clinik implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) tahun 2019 tingkat Kabupaten Boalemo, bertempat di ballroom Hotel Damhil Kota Gorontalo pada selasa (12/2).

Bupati Boalemo Darwis Moridu dalam sambutannya mengatakan bahwa sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah atau SAKIP merupakan integritas dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan akuntabilitas keuangan.

“Tentunya setiap organisasi di wajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan dengan ketentuan yang berlaku, dan bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas dan fungsinya termasuk pengelolaan sumber daya yang ada dengan di dasarkan suatu perencanaan strategis,” ungkap Bupati.

Lebih lanjut Bupati Darwis berharap agar pembangunan deaerah kedepan, dapat dipertanggungjawabkan sesuai mekanisme, dan terhindar dari praktik KKN.

“Saya berharap agar pembangunan di daerah ini dapat menjadi yang terbaik dalam pemerintahan damai dan bisa di pertanggung jawabkan dari mekanisme pelaporan dan pencegahan praktik KKN,” kata Bupati.

Sementara itu, Kepala Bapppeda Boalemo Rusdin Aminu dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan di laksanakan coaching Clinik implementasi Sakip ini adalah untuk memberikan latihan khusus kepada para kasubag perencanaan di tiap OPD agar memahami dan mampu melakukan rangkaian aktivitas secara sistematik terhadap manajemen kinerja yang meliputi beberapa komponen yaitu perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan, evaluasi dan pencapaian kinerja.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala BPKP Provinsi Gorontalo, Sapriyadi, Kepala Bappeda Boalemo, Rusdin Aminu, serta pimpinam SOPD dan para peserta Coaching Clinik dari masing- masing SOPD (#BN).

Tags: